29 June 2019

Lorenzo Akan Menggunakan Aero Fairing Dan Fuel Tank Desain Baru Di Assen 2019


YKGP - Hallo Gaez, selama ini memang terlihat Lorenzo masih sulit untuk menjinakan RC213V miliknya, berbagai upaya telah ia lakukan mulai dari adopsi desain fueltank yang ia bawa dari Ducati dan ia terapkan di tim barunya ini, namun itu belum sepenuhnya bekerja dengan baik.

Nah kali ini di sela-sela persiapan free practice, terlihat penampakan yang berbeda dengan tunggangan miliknya, bukan perubahan mayor namun ada sedikit minor update yang terlihat dari part Aero Fairing dari X-Fuera ini. bukan di winglet utamanya yang berubah namun di secondary wingletnya bro, kalau dilihat sepintas memang tidak ada yang berubah bentuknya masih sama, namun jika di amati lebih teliti, ada perbedaannya gaez, ya itu luas penampangnya terindikasi lebih lebar gaez, dengan artian bahwa Lorenzo masih bermasalah dengan fenomena wheelie roda depannya, sehingga ia membutuhkan daya down force lebih daripada Marc.

99.Jorge Lorenzo Repsol Honda
Sekedar catatan kecil gaez, memang pengembangan bebas di lakukan oleh tim selama kalender balap berlangsung, terkecuali di area mesin yang notabene sudah di segel di awal musim jika tim itu tidah memiliki konsesi, jadi untuk pengembangan mesin dibekukan, jadi antara Lorenza dan Marquez memiliki mesin yang sama, karena memang untuk mesin di homologasi atas nama tim, untuk sasis, swingarm, fairing, fueltank di homologasi berdasarkan nama pembalap, jadi jangan heran jika satu tim mempunyai fairing yang berbeda antara pembalapnya, kemudian untuk fairing juga dibatasi hanya masing-masing pembalap diberi kesempatan satu kali update selama kalender balap berlangsung.

RC213V Lorenzo (Pic:Checu Lazaro)
Mungkin di Assen inilah mulai terlihat perbedaan arah pengembangan dari Marc dan Lorenzo, sudah mulai banyak perbedaan dari bentuk fisik kuda besi mereka, kemudian juga di sisi fuelt ank Lorenzo juga berbeda dari apa yang di pakai oleh Marc, terlihat disana fuel tank RC213V milik Lorenzo mendapat update lagi seperti di tempelkan part yang mirip seperti sayap untuk menahan paha agar tetep nempel dan tidak bergeset ke atas, kemudian di bagian bawah juga terdapat tahanan betis di rangka side fairingnya, tapi kalau di amati itu bukan tahanan betis gaez, lebih ke pad untuk penahan lutut dari Lorenzo, fungsinya untuk apa? pad anyar tersebut terindikasi untuk menahan beban saat efek pengereman dari motornya, ujung2nya adalah meminimalisir kondisi badan agar tidak cepat lelah gaez. coba bandingkan gaez dengan RC213V milik The Baby Alien dibawah ini,..

93.Marc Marquez Repsol Honda
Apa lagi yang berbeda dari arah development dari  Lorenzo, terlihat juga ia menggunakan swingarm yang di balut dengan serat karbon, jadi bukan serat karbon murni, hanya dibalut saja, jadi lengan ayun masih mengunakan bahan alumunium, namun dilapisi serat karbon di bagian luarnya, sehigga tingkat kekakuan lebih rigid daripada hanya berbahan aluminium tok, ini bertujuan untuk mendapatkan handling yang lebih baik lagi bagi dirinya.

Namun sayangnya Lorenzo tidak akan bisa mencobanya saat race, karena ia dipastikan absen karena mengalami cidera tulang punggung akibat kecelakaan saat FP2,... so pity 

Danke,...
Load disqus comments

0 komentar