25 December 2018

Regulasi Aero Fairing MotoGP 2019 Harus " Non Detachable", Seperti RC16 Nya KTM


YKGP - Hallo Gaez, long time no see yes, don't you miss me? nggak? yowis bel lah aku ra popo, siapa saia kali ya, mhueeeheheheheeee


Oke langsung aja gaez setelah lama ndak nulis artikel lanjut saja saia mau membagikan tulisan ini kepada khalayak, mungkin kalo mengulas tentang test pramusim di Jerez udah uzur kali ya udah kadaluwarsa itu ampir sudah 3 minggu yang lalu, jadi kemungkinan besar khalayak sudah pada tahu via mbah gugel ya hasilnya nanum nantinya juga di singgung disini biar merefresh lagi ingatan khalayak,..

Oke gaez untuk musim 2019 nanti akan ada regulasi anyar salah duanya yaitu penyeragaman IMU dan regulasi engtang aero kit gaez, uncuk ECU memang sudah di seragamkan beberapa musim yang lalu. nah sekarang ini untuk Aero Fairing/Aero Wing latau lebih familiar dengan sebutan Winglet pengaturannya  lebih diperketat lagi, ketika waktu itu ada wacana untuk di hapuskan tetapi untuk 2019 nanti FIM memilih untuk tidak menghilangkan penggunaan Aero-Fairing / aero wing / Winglet, namun sebagai gantinya untuk Aero-Fairing tidak memperbolehkan parts aerodinamika dari fairing tersebut bisa dipasang/dilepas, seperti part tambahan yang bisa digunakan atau tidak seseuai dengan keperluan, namun harus menjadi satu kesatuan dari fairing motor itu sendiri Non Detachable. 

Kebanyakan pabrikan membuat Aero kit / winglet yang berada di fairing motor bisa di bongkar pasang menggunakan entah baut ataupun rivet. pada sesi test Valencia kemarin masih banyak pabrikan yang masih menggunakan model Plug and Play  seperti pabrikan Honda, Yamaha, Suzuki dan juga Ducati masih memakai Aero-fairing dengan bilah/sirip yang bisa dengan leluasa dipasang atau di bongkar dengan baut. 


Namun tidak demikian dengan  KTM sudah memakai satu fairing dengan aero-kit yang menyatu dengan fairing bodi depan motor tanpa bisa dilepas (non detachable) pada motor Pol Espargaro di hari terakhir test. Sebernarnya KTM sudah menyiapkan ini pada musim 2018 gaez, desainnya sangat cantik menyatu dengan garis body RC-16, cantik gaez tidak terlihat seperti kumis lele, coba deh cek gambar motornya Zarco, cantik kan, namun dengan desain yang cantik itu mengakibatkan daya downforce untuk membantu mengurangi gejala wheelie tidak terasa  gaez, maka nya RC-16 milik Pol Espargaro adalah versi teranyar bodywork untuk musim 2019 nanti, entah itu versi final atau nanti mau dipercantik lagi kita tunggu saja,

Ya kalau mengacu pada regulasi sih memang model seperti KTM lah yang setidaknya  sudah masuk kriteria regulasi, meskipun begitu saiya rasa Aprillia, dan Ducati dengan GP-17 nya sudah senada dengan regulasi, begitupun juga winglet milik Suzuki bentuknya sudah senada meskipun masih terlihat baut untuk menempelkannya di body, tidak sefulgan milik Yamaha dan Honda yang terlihat banget plug and play nya,...

Arrivederci,...
Load disqus comments

0 komentar