19 November 2018

Dovi Menangi Race Finale MotoGP Valencia,KTM Kali Pertama Rengkuh Podium!!!

 

YKGP - Hallo Gaez, pada ahad kemarin Race Direction sudah mengumumkan bahwasanya balapan akan di laksanakan dengan kondisi trek basah, maka dari itu Michelin memberikan opsi ban Power Rain kompon soft danmedium, dan sebagian besar tim menggunakan kompon medium untuk kompinasi bena depan dan belakang mereka.

Warming lap dimulai dan terlihat hujan kecil menemani para pembalap, lampu start di padamkan tanda balapan dimulai lalu melesat para pembalap beradu cepat untuk mengamannkan posisi terdepan, terlihat Rins melesat kencang, terjadi senggolan kecil antara Marc dan beberapa membalap di belakang dan depannya, namun itu hanya bagian dari balapan, posisi lap pertama dikuasai oleh rins yang lumayan ngacir di depan sendirian di ikuti oleh Vinales, Dovi, Marc, dan Pol Espargaro.


Duel sengit terjadi di lap 3 antara Pembalap KTM Pol Espargaro dan Marc dan di menangi oleh Pol, sedangkan Vinales merosot ke posisi 5, pemandangan menegangkan masih diperagakan oleh Pol dan Marc dengan  overtaking Pol di turn 1 awal lap ke 4, hasil berbeda didapatkan oleh saudaranya yang menunggangi RS-GP milik Aprillia, Aleix Espargaro harus ndlosor di turn 5, kemudian dari barisan belakang dengan posisi start dari grid 16 Valentino Rossi di luar dugaan perlahan namun pasti bisa overtaking rivalnya dan bisa menyodok ke posisi 8, bahkan bisa overtaking Team-Mate nya Vinales ke posisi 7, lalu Miller juga crash di turn 3, sedangkan Rins leading dan bisa melebarkan jarak dengan Dovi hampir 1 detik.


Pemamdangan menarik di mulai di lap ke 7 ini, hujan bukannya reda malah semakin lebat, parade crashpun dimulai, diawali oleh Michelle Pirro pembalap Ducati Corse yang mengambil jatah wildcard ndlosor, kemudian Petrucci rider Alma Pramac mengikuti jejak Pirro, disusul Thomas Luthi juga ndlosor, kemudian Pol Espargaro  juga ndlosooor yang sedang duel dengan Marc, tak lama juga bagi sang juara MotoGP tahun ini juga ambil bagian dalam parade crash ini, ia juga ndlosor di straight  menjelang tikungan ketika ia melakuka hard braking dan mengalami high-side, terlihat ia memegangi bahu sebelah kirinya stelah ia bangun dari jatuhnya, oh ya bagi yang belum tahu bahwa ia memang sudah mengalami dislokasi bahu sebelah kanan semenjak seri Motegi kemarin dan diperparah saat FP terjatuh dan ditambah lagi dari kecelakaan ini.


Sementara itu pada lap ke 9 ini, pucuk pimpinan Rins bisa melebarkan gap dengan dovi menjadi 3 detik, dengan pelan namun pasti Rossi mulai merangksek ke posisi 3, dengan begitu posisi semtara adalah Rins diikuti Dovi kemudian Rossi diikuti Vinales dan Ianone, sedangkon Pol merosot ke belakang, tak selang beberapa lama kemudian Ianone Crash di turn 12 dan race berjalan stagnan sampai lap ke 12, tak beruntung bagi Vinales yang crash di turn 12 mengikuti jejak Ianone.


Di lap ke 13 Bradley Smith crash di turn 13 dan, posisi pimpinan masih sama Rins, Dovi, dan Rossi. Memasuki lap ke 14 Rins melebar karena adanya effect aqua-planing, dengan sigap Dovi dan Rossi bisa overtake Rins, lalu Pol Espargaro mengalami crash juga dan ketika memasuki garis finis pada lap ke 15 ini red flag di kibarkan oleh marshal yang mengharuskan para pembalap masuk ke pitlane dan balapan akan ri re-start. beruntung bagi Pol karena re-start di laksankan dengan merujuk ke hasil akhir pembalap pada lap ke 13 sebelum ia terjatuh dan ia bisa melanjutkan balap lagi.


Setelah menunggu sekitar 45 menitan race pun bisa di laksanakan kembali dengan posisi gris mengacu pada hasil pada lap ke 13 dengan posisi front row Rins, Dovi dan Rossi. lampu start dipadamkan, melesat lagi para pembalap Rins masih digdaya i depan disusul Dovi dan Rossi. hanya butuh 1 lap untuk overtake Rins dan Dovi menjadi pimpinan balapan sampai lap ke 22 atau 7 lap dari 14 lap re-start kedua ini. Rossi begitu bernafsu untuk memenangi balapan ini dan berhasil overtake Rins pada 7 lap sisa, Bautista crash dan tak selang beberapa lama Rossi pun dlosooor juga gaez ketika balapan menyisakan 5 lap lagi, persis dama kaya di Sepang kemarin yang juga ndlosor pada 5 lap tersisa, sayang banget ya, ia bisa melanjutkan balapan namun posisinya merosot ke posisi 13.


Praktis Dovi tak terkejar diikuti oleh Rins dan sang legenda MotoGP "The Little Samurai" berada di posisi ke 3 diikuti oleh Pol Espargaro dari KTM, dengan sisa tenaga dai Pol ia berhasil overtaking Pedrosa untuk mengamankan posisi 3 pada sisa lap balapan. akhirnya Dovi keluar sebagai kampiun, Rins mengamankan posisi ke 2 dan hari bahagia bagi pabrikan KTM dan Pol Espargaro yang berhasil mengaankan sisa Podium di race Finale MotoGP ini.


Arrivederci,...



Load disqus comments

0 komentar