12 October 2018

Michelin Menyarankan Kompon Ban Hard,Terbukti Ampuh Menaklukkan Buriram.


Yukitakepo - Hallo gaez, memang sebelumnya sudah dilakukan test pramusim di Chang International Circuit, Buriram, Thailand pada Februari lalu, dengan data yang ada Michelin memutuskan untuk membuat ban dengan senyawa khusus untuk race perdana MotoGP, karena trek sirkuit ini harus diperlakukan secara khusus layaknya Austria dan Aragon yang menggunakan ban yang khusus pula.

Michelin memperkirakan kondisi trek pada saat race berlangsung jauh lebih dingin daripada saat test pramusim lalu, namun kenyataannya kondisi trek malah lebih panas sampai 53°C gaez, race perdana MotoGP Thailand adalah week race yang sulit karena informasi yang tidak akurat dan harus memutuskan senyawa ban dengan pengetahuan terbatas. Dengan ketidak akuratan data ini Bos Michelin Piero Taramasso menyarankan pembalap untuk menggunakan jenis senyawa ban dengan kompon hard.

Menariknya adalah data Michelin saat test pramusim dan pada saat mengikuti free practice, serta qualifikasi jauh berbeda, Michelin merekomendasikan penggunaan kompon keras karena trek sirkuit bersuhu panas kemudian permukaan aspal yang kasar di sirkuit Buriram, Michelin mengkhawatirkan ban mengalami  penurunan keausan ban yang tajam selama race berlangsung. Perlu diketahi bahwa penentuan opsi ban dan dan jenis nya untuk setiap sirkuit di tentukan sebelum musim MotoGP bergulir. Oleh karena itu Michelin syudah menyiapkan senyawa kompon ban untuk race Buriram, berdasarkan hasil test pramusim lalu.


Mayoritas pembalap mengikuti saran dari Tarmasso untuk menggunakan kompon ban hard, terbukti dengan konsistennya laptime dari pembalap khususnya yang memilih opsi ban depan dan belakang hard, duel apik antara Marc dan Dovi tak lepas dari pemilihan kompon ban yang tepat seperti apa yang disarankan oleh Michelin.

Namun tak semua pembalap mengiyakan saran dari Michelin, Andrea Iannone, Johann Zarco, Xavier Simeon, Alvaro Bautista, Jack Miller dan Jordi Torres, mereka memilih untuk menggunakan ban slick medium untuk ban depan, dan Aleix Espargaro dari Aprilia yang memilih kompon ban belakan menggunakan slick soft, dan ketika race berakhir keadaan ban mengalami keausan yang extreme.

Dengan data ban dari semua pembalap, Michelin mendapat input data dari race ini untuk membuat pilihan ban yang tepat untuk  musim depan.


Danke,...
Load disqus comments

0 komentar