11 September 2018

Ban Kehilangan Grip Membuat Lorenzo Ndlosoor,Salah Strategi Pemilihan Kompon



Yukitakepo - Hello Gaez, MotoGP San Marino kemarin tidak berpihak kepada Lorenzo, ia terpaksa menyudahi balap dengan finis di urutan ke 17, ini akibat ia terjatuh di tikungan 8 saat melakukan late brake. Memang kelihatan saat race ia tidak melakukan banyak pengereman, saat bertarung dengan Marquez pada lap bersisa 14-8 setelah berhasil mendahului Marquez ia selalu melebar, sangat kentara ia tidak nyaman dengan penampilannya itu.

Padahal ia memilih ban yang sama dengan rekan satu timnya Dovizioso,dan setelah DesmoDovi mampu merebut posisi teratas dan langsung ngacir dengan membuat gap 1 detik lebih, namun kenapa ia tidak bisa sekenceng co-patriotnya itu? iapun menjelaskan bahwa ia tidak mempunyai filling yang bagus terhadap ban mediumnya itu. Pa bulan lalu ia melakukan tes privat di misano menggunakan pilihan ban soft, dengan cuaca yang panas. namun setelah ia melakukan 5 putaran ban depan mengalami keausan yang radikal, ia menyebutkan ban depannya hancur, dengan berbekal tes inilah  ia tidak memilih opsi ban lunak, ini berbeda dengan MotoGP Austria bulan lalu ia sangat nyaman dengan komposisi ban depan belakang soft, dan memetik hasil sempurna di podium 1.


Penyebab ndlosornya Lorenzo cenderung karena pemilihan kompsisi ban medium-medium, opsi ini memang paling tidak ia sukai,  meskipun banyak hal juga yang jika di analisa menyebab jatuhnya Lorenzo bukan hanya faktor ban, namun ia menjelaskan juga ia tidak memiliki grip di sisi ban depan,kemudian pada bagian tengah belakang, makanya ia tidak banyak meakukan pengereman saat race berjalan,dan ia tidak mendapatkan feeling yang bagus untuk bannya.

Dengan komposisi ban lebih lunak misalnya medium belakang dan soft depan saya rasa ia bisa melanjutkan pertarungannya dengan Dovi maupun dengan Marc,.. who know it?

Danke,..
Load disqus comments

0 komentar