24 December 2015

Wow,Minum Kopi Ternyata Bikin Mata Tambah Tajam


Agaknya, semua orang pasti mengenal kopi dan setidaknya mencicipinya. Bahkan bisa jadi Anda merupakan pecandu kopi yang jika Anda tidak meminumnya sehari saja, maka Anda bisa jadi pusing.

Ya, kopi merupakan minuman yang tinggi akan kandungan kafein di dalamnya. Minum kopi bisa mengaktifkan hormon adrenal dalam tubuh Anda sehingga Anda bisa jadi lebih terjaga dan fokus. Selain manfaat tersebut, ada beberapa manfaat sehat lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan minum kopi seperti meningkatkan kesehatan mata.

Seperti dilansir dari indiatimes.com, para peneliti menemukan bahwa minum kopi secangkir setiap hari mampu membantu Anda untuk terhindar dari kerusakan penglihatan akibat glukoma, penuaan, dan diabetes.

Lebih lanjut, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry ini menjelaskan bahwa kafein mengandung asam chlorogenic yang merupakan zat antioksidan kuat yang dapat mencegah degenerasi retina. Bahkan di setiap 1% kafein mengandung 7%-9% asam chlorogenic ini.


"Retina merupakan lapisan jaringan tipis yang terletak di dinding belakang mata dan berisi jutaan sel yang peka akan cahaya dan sel saraf lainnya yang menerima dan mengatur visual yang ditangkap mata. Kurangnya oksigen dan radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan dan membuat Anda mengalami penurunan penglihatan. Sehingga dengan minum kopi, retina Anda jadi lebih sehat dan penglihatan Anda jadi lebih tajam," terang Chang Y. Lee, penulis penelitian ini.

Namun meskipun bermanfaat, Anda juga tidak boleh terlalu banyak minum kopi sebab saat di dalam tubuh Anda banyak terkandung kafein, maka Anda akan terus-terusan terjaga.
Load disqus comments

0 komentar