MotoGP,Ban Depan Dapat Cacian Ban Belakan Raih 2 Jempol



Pabrikan ban asal Prancis, Michelin yang menggantikan Bridgestone sebagai penyuplai ban tunggal MotoGP mulai musim depan, memperingatkan seluruh peserta bahwa permasalahan kurangnya grip ban depan tak bisa diselesaikan dalam sekejap.

Kepada Motorsport, Direktur Motorsport Michelin, Pascal Couasnon menyatakan bahwa tim dan para pebalap harus bersabar menanti perkembangan ban depan yang kerap menimbulkan kecelakaan dalam uji coba-uji coba Michelin yang digelar sepanjang tahun ini.


"Kami ingin mereduksi grip ban belakang. Tapi pebalap, tim dan promotor menolaknya. Ban kami punya karakteristik khusus, dan beberapa pebalap menyukainya. Bagaimanapun tak ada solusi ajaib. Ban kami begitu berbeda dengan pabrikan ban lain, dan kami harus berdiskusi dengan semua anggota Keluarga MotoGP untuk memahami seberapa jauh kami bisa mengembangkan karakteristik ini," ujar Couasnon.

Para pebalap MotoGP diketahui melempar pujian soal ban belakang Michelin, namun sangat kritis soal ban depannya. Mereka yang terjatuh saat uji coba, mengaku bahwa semuanya dikarenakan ban depan. Bahkan pebalap-pebalap ini mengaku tak mendapatkan tanda-tanda apapun saat akan terjatuh.


"Pebalap butuh waktu untuk memahami tingkah laku ban kami. Mereka harus tetap membangun rasa percaya diri. Kami masih berupaya untuk memperbaiki ban depan. Meski begitu, walau kami masih mendapat kritikan soal hal ini, para pebalap menyatakan bahwa versi terbarunya sudah jauh lebih baik daripada versi uji coba-uji coba yang pertama," tutup Couasnon.

Post a Comment