Begini Cara Downgrade iOS 9 ke iOS 8


Meski membawa banyak fitur baru, nyatanya banyak pengguna merasakan iOS 9 tidak lebih baik dari sebelumnya. Berbagai keluhan dilontarkan, mulai dari performa yang jadi lelet, baterai cepat habis hingga banyak aplikasi tak berjalan maksimal.

Segala upaya telah dilakukan, namun tetap saja tidak merasakan perubahan yang berarti. Kalau sudah begitu, timbul keinginan untuk kembali ke iOS 8. Namun memungkinkan kah? Untungnya Apple masih memperbolehkan pengguna untuk 'turun kasta' dari iOS 9 ke iOS 8.4.1.



Namun perlu diperhatikan sebelum melakukan downgrade, pastikan melakukan backup data personal terlebih dulu. Pasalnya downgrade akan menghapus semua data yang ada di dalam perangkat.





Proses downgrade cukup mudah dilakukan, layaknya mengupgrade iOS lewat iTunes. Berikut langkah-langkahnya : 



1. Unduh file IPSW iOS 8.4.1 yang sesuai dengan perangkat. Untuk mengunduhnya dapat menyambangi link         berikut ini
2. Nonaktifkan Find My iPhone. Caranya buka aplikasi Settings > iCloud > Find My iPhone. Geser tombol ke kiri    untuk menonaktifkannya.




3. Tekan tombol Power dan matikan perangkat.


4. Pada komputer, jalankan iTunes.


5. Koneksikan perangkat ke komputer dengan kabel USB. Lalu tekan tombol Power dan Home secara                bersamaan, dan tahan hingga 10 detik. Lalu lepaskan tombol Power namun tetap tekan tombol Home.  



Ketika ada pesan yang muncul di iTunes yang mengatakan sebuah perangkat dalam mode recovery terdeteksi barulah tombol Home dilepaskan.

6. Tekan ikon perangkat di bagian atas bar iTunes. Lalu klik Summary di panel sebelah kanan.
7. Tekan tombol Restore, sembari menekan tombol Shift (Windows) atau Option (Mac).



8. Pilih file IPSW iOS 8.4.1 yang telah diunduh sebelumnya. Proses downgrade pun dimulai.
9. Ketika proses downgrade selesai, layar iPhone akan tampak seperti selesai melakukan pembaruan.
10. Ikuti instruksi pada layar untuk mengatur perangkat.

Selamat Mencoba, Semoga Berhasil ...


Post a Comment